Google plizzz….

Memang kalau sesuatu yang banyak atau berlebihan tidak baik. Saya mungkin sudah memiliki lebih dari sepuluh account di Internet. Mulai dari jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Friendster dll, ataupun blog-blog seperti WordPress, Tumblr dan Blogspot atau semacamnya.

Yang paling mengesalkan tentu saja saya tidak bisa mengingat password beberapa account tersebut. Akhirnya saya putuskan untuk konsentrasi di beberapa account saja yang sekarang  lagi trend atau banyak dipergunakan sebagian masyarakat. Beberapa account bahkan tidak aktif lagi sejak beberapa bulan yang lalu. Selain merusak  konsentrasi, account yang banyak tersebut juga menyita waktu dan perhatian. Ibaratnya kalau punya istri banyak,malahan susah bagi waktu. Maklum sebagai mahasiswa Master di Engineering yang sok sibuk sana sini harus mempergunakan waktu sebaik-baiknya, menurut teori idealnya mahasiswa. Bukan mengeneralisir ya, itu cuma contoh satu sampel saja..:-)

Selain jadi mahasiswa, pekerjaan sampingan saya juga menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan rekan-rekan yang mau menuntut ilmu, praktikum, liburan ataupun mencari wohnung (apartemen) di kota-kota di Jerman. Alhamdulillah, lumayan banyak doa yang berdatangan dan ucapan terima kasih. Cukuplah buat penghangat jiwa di musim dingin 2012 yang temperaturnya sampai -12 Celcius hari ini.

Ternyata dari beberapa account tersebut hanya Facebook dan WordPress yang sangat menarik perhatian saya. Bukan tanpa sebab, Facebook lebih informatif dan lebih bisa diajak untuk berdiskusi alias user friendly. Kalau WordPress mungkin saya sudah punya blog ini sejak 1,5 tahun yang lalu. Repotnya kalau migrasi ke blog lain atau cuma ganti tema di blog. Perbaikan bisa mencapai berhari-hari, karena harus di Googling dulu cara-cara mengatur ini itu di dalam sebuah blog.

Yang paling trend di jaman sekarang tentu saja Twitter. Twitter pada awalnya digunakan oleh orang-orang terkenal untuk update informasi mereka, lagi ngapain aja mereka atau momen-momen bahagia yang ingin dibagi ke penggemar atau teman mereka. Setelah melalui beberapa fase dan musim, tentu saja fungsinya mulai berubah. Bahkan twitter sering menjadi tempat diskusi dan curhat bagi anak-anak sekarang. “Kalau mau curhat jangan di Twitter, nanti ada srigala yang menyambar” begitulah kata pepatah modern.

Memiliki hobi “penasaran” memang ada baik dan ruginya. Baiknya, bisa mengetahui informasi sesegera mungkin asalkan menarik buat diri. Ruginya, bisa menghabiskan diri di depan komputer dan internet tanpa peduli siang atau malam. Berbekal ilmu Googling di Internet, walaupun masih standar beginner. Lumayan lah buat mengatahui seseorang dari A-Z tanpa harus kenal dulu siapa mereka.

Beberapa waktu lalu saya pernah disuruh menebak seseorang yang dimaksud dalam pembicaraan antara teman-teman di Duisburg. Berbekal insting dan analisa seorang laki-laki, akhirnya kurang dari lima menit mendapatkan hasil dan target yang dimaksud. Dan ketika saya beralih ke Facebook timeline. Edaaan.., Facebook timeline rupanya menelanjangi kita habis-habisan, segala masa lalu bisa dengan mudah diakses. Itulah sebabnya seperti tak ada lagi rahasia di dalam hidup. Facebook sekarang juga seakan seperti seorang istri yang mengintip gerak gerik kita terus menerus. Di bagian kanan atas FB, gerak gerik kita selalu diawasi. Mau ngapain aja di facebook, walaupun cuma “like”  foto seseorang, yah akhirnya ketahuan juga, apalagi kasih komentar di foto tersebut. Walaupun sebenarnya kita bukan teman dengan orang yang memiliki foto tersebut. Tetapi kita bisa mengakses semua yang terjadi di foto tersebut. Begitulah liciknya Facebook Timeline ketika saya ditipu olehnya beberapa bulan yang lalu.

Saya jadi ingat kalau soal Googling mengGoogling ini. Dari beberapa forum dan Group yang saya ikuti baik di Facebook ataupun di mailing list. Beberapa pertanyaan mendapatkan jawaban “Google plizzz”..Artinya pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan sempurna oleh Google tanpa perlu bertanya lagi. Saya berpikir positif saja, mungkin mereka mengirimkan pertanyaan melalui Handphone mereka, jadi  mereka tidak tahu bahwa topik yang mereka tanyakan tersebut sudah pernah ditanyakan dan dijawab oleh orang-orang sebelumnya. Atau mereka belum membongkar file-file lama di sebuah forum dan group. Oh My God, kata saya dalam hati, ternyata beberapa orang belum bisa mengoptimalkan penggunaan Internet sebagai mana mestinya.

 

Duisburg, 07.02.2012…. -12 Celcius, Snowing..

Matahari Jerman memang pembohong. Cerah dan terik tapi dingin menusuk tulang dan kalbu..

 

Bayu van Adam

 

 

 

2 thoughts on “Google plizzz….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s