Mesjid dan Makanan Halal di Jerman

Hidup di negeri yang berbeda budaya memang susah apalagi berbeda banyak dalam soal keyakinan. Sudah berapa kali saya ditanya, apakah ada mesjid di Jerman?, apakah saya sholat disana? dan apakah saya juga puasa di bulan Ramadhan disana?. Sebagai seorang yang dewasa dan berakal sehat tentunya saya tahu mana yang baik mana yang buruk untuk masa depan dan akhirat. Kalau saya tidak melaksanakan tugas sebagai seorang muslim semestinya, semua orang tahu bahwa dosa lah ganjarannya. Biarlah urusan ini menjadi urusan pribadi antara manusia dengan Tuhan dan meyakini dengan cara kita masing-masing. Yang jelas, saya meyakini apa yang saya pelajari dari sebuah keluarga muslim Minangkabau saya.

Ketika seseorang memutuskan untuk menuntut ilmu ke Jerman. Pasti ada beberapa pertanyaan yang mengganjal. Ada tidak ya? mesjid disekitar tempat tinggal saya?. Lalu untuk seorang laki-laki, bagaimana nanti kalau mau sholat Jumat? dan bagaimana suasana Ramadhan di Jerman. Apakah semudah di Indonesia menemukannya?. Apakah semeriah di Indonesia merayakannya?. Tentunya berbeda.

Saya pertama kali datang ke Jerman sempat bingung karena tidak menjumpai mesjid yang mirip dengan Indonesia. Memiliki kubah, bangunan besar dan ketika waktu sholat masuk adzan berkumandang dari Toa mesjid. Ternyata mesjid di Jerman itu seperti rumah biasa yang di dalamnya sedikit luas dan tidak terlalu besar dan mencolok. Yang penting mesjidnya berisi, nyaman dan khusuk melaksanakan ibadah disana.

Bagi teman-teman yang ingin belajar ke Jerman, dan yang sudah di Jerman kemudian pindah ke kota baru yang belum familiar dengan objek-objek di kotanya dan juga kebetulan seorang Muslim. Mungkin bisa menemukan lokasi mesjid yang paling dekat dengan tempat tinggal masing-masing. Silahkan  cek di website ini

Tampilan gambar diatas menunjukan lokasi beberapa mesjid di sekitar kota Essen – Nord Rhein Westfalen. Saya kebetulan sehari-hari beraktifitas di kota tersebut dan di dekat Univ Duisburg Essen, kota Essen ada banyak kita temui  mesjid yang menyelenggarakan sholat Jumat. Sebenarnya lokasi dan alamat mesjid di Jerman sagat mudah dicari. Tinggal tanya sama om Google saja. Pada umumnya mesjid di Jerman memiliki website dan kontak yang bisa dihubungi oleh karena itulah sangat mudah dicari di internet.

Berbelanja makanan mungkin menjadi hal yang harus diperhatikan di supermarket. Apakah makanan ini mengandung zat-zat tertentu atau tidak. Semua informasi dari website yang saya berikan tersedia dalam bahasa Jerman. Gunakan Google translate jika kesulitan memahami arti dan maksud kalimat di dalam website tersebut.

1. Halal Sertifikat

2. Halal.de

3. Forum muslim

Di beberapa Supermarket Jerman seperti Penny, ALDI dll sekarang telah banyak dijual daging dengan sertifikat halal. Jadi tidak ada kesulitan lagi menemukan daging yang diproses secara halal. Minggu kemaren saya ke rumah potong hewan di Duisburg. Potong kambing dalam rangka Aqeqahan anak salah seorang kerabat anggota PPI Duisburg Essen. Dan tenyata rumah potong tersebut disembelih secara halal oleh tukang jagal yang sepertinya berasal dari Maroko. Rumah potong tersebut memang dimilki oleh keluarga Jerman, tetapi proses sembelihnya tetap halal. Atau jika ingin berbelanja kebutuhan langsung di toko/supermarket Turki bisa dicek di website ini . Beberapa kota besar sangat mudah menemukan toko Turki. Alamat, nomor kontak dan nama supermarket dapat dilihat di website tersebut. Semoga informasi yang singkat ini bermanfaat.

Matahari memang bersinar cerah hari ini, tetapi dingin menusuk -7 Celcius dan tanpa salju bukanlah kebiasannya di waktu Winter.

01.02.2012, Essen

Bayu van Adam

5 thoughts on “Mesjid dan Makanan Halal di Jerman

  1. agag susah cari di kota kecil . . . .
    kok aldy di kotaku nda jual daging halal ya ?
    jualnya mala di serpa . .jauh . . .

    • di beberapa kota memang agak susah menemukan Mesjid dan makanan halal. apalagi kota kecil dan letaknya di Jerman timur. Lihat saja logo Halal yang tercantum di setiap bungkusan daging apakah ada atau tidak.

  2. assallam,,trus gimana klw puasa pas musim panas, bukankah waktu siang pada saat musim panas itu lama?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s