Dunia Pendidikan di Jerman

Hier wird Zukunft gemacht (The Future is made here)

Malam ini setelah menonton pertandingan Manchester United versus Benfica saya jadi kesal sendiri. Kenapa tidak Manchester saja yang ke Jerman. Lawan Dortmund atau Leverkuesen kek..Kemaren dua tim Inggris Chelsea dan Arsenal melawat ke kota tetangga yaitu melawan Borussia Dortmund dan Bayer Leverkuesen 04. Masing2 kota jaraknya cuma 35 menit naik Regional Express dari Duisburg. Leverkuesen kota kecil tapi punya klub besar macam Bayer Leverkuesen. Tahu produk dari perusahaan  Bayer kan?..Itu perusahaan besar dunia, didirikan di Wuppertal (kota tetangga juga, cuma 1 jam dari Duisburg) tahun 1863 oleh Friedrich Bayer dan konconya  Johann Friedrich Weskott. Tetapi headquaternya di Leverkuesen sekarang.  Pada masa perang dunia I. Produk dari Bayer yang paling terkenal adalah Aspirin (obat penahan rasa sakit karena banyak dibutuhkan untuk korban perang). Oiya, Pendapatan Bayer seluruh dunia tahun 2010 cuma 31,09 Milliar Euro dengan jumlah karyawan 111.400 orang seluruh dunia.

Kenal sama om Albert Einsten ga?..kalau paman Max Planck?..atau eyang Humbolt, Fraunhofer atau  Roentgen ..Mereka semuanya ilmuwan Jerman. Mulai dari jaman kerajaan Viking Swedia (1600-1815) , kerajaan Prusia (1815-1945) sampai Jerman dimasa Perang dunia ke dua. Mereka semuanya exist pada masa mereka masing-masing. Mereka yang disebutkan diatas meletakan dasar dan fondasi yang kokoh bahwa Jerman adalah sebagai negara study dan negara para Insyinyur. Sejak abad ke 14 berdatanganlah pemuda dari segara penjuru Eropa untuk belajar dan menuntut ilmu ke Jerman. Dimulai dari Univ Heidelberg (1386) sebagai Univ tertua di Jerman, dan diikutii oleh Univ zu Koeln (1388) dan Univ Greifswald (1456). Kemudian Wilhelm von Humboldt (1767–1835) melakukan reformasi Universitas bahwa sebuah Universitas adalah sebagai tempat mencari ilmu pengetahun yang mandiri dimana penelitian dan pengajaran menjadi satu. Dimasa Humbolt menjadi mentri pendidikan kerajaan Prusia. Humbolt mengeluarkan buku berjudul ” Theory of Human Education” yang ditulis tahun 1793. Kemudian perguruan tinggi Jerman menjadi teladan di dunia akademis yang menjunjung prestasi. Institute penelitian bergengsi di dunia yaitu Max Planck dan Fraunhofer Institute adalah penghormatan terhadap jasa beliau. begitu juga dengan Humbolt Univ Berlin yang leading di bidang ilmu alam dan medizin.

Jerman adalah Land der Idee (negera penuh ide). Pendidikan, ilmu dan penelitian menjadi urat nadi disini. Tak heran pemerintah di beberapa negara bagian kembali membebaskan mahasiswa dari uang kuliah. Jerman yang berbatasan dengan 8 negara, seolah tidak ada batasnya sama sekali dalam dunia global. Begitu juga Eropa, bukan seperti banyak negara melainkan satu kesatuan. Dengan bebas bisa pergi kenegara lain. Pendidikan Jerman juga mengalami proses pembaharuan setelah Perjanjian Bologna tahun 2002 yang menyetarakan semua jenjang pendidikan Eropa. Tahun 2010 jenjang pendidikan Jerman telah sepenuhnya berubah menjadi bachelor, master dan doktor. Dari dulunya Jerman termasuk negara tujuan studi yang paling disukai setelah Amrik, Dan Inggris.

Pembaharuan yang dilakukan oleh Univ Jerman setelah Perjanjian Bologna merupakan sebuah tantangan globalisasi bagi dunia ilmu pendidikan  dan penelitian. Kemudian penanggung jawab dunia politik, akademisi berupaya menciptakan sistem baru agar pendidikan Jerman menyesuaikan diri dengan dunia Internasional. Kemudian beberapa peraturan penting juga terbentuk apakah menganut sistem bachelor, master, uang kuliah, Univ swasta dan dipereratnya hubungan antara Universitas dan lembaga di luar universitas (perusahaan dan institusi penelitian). Kemudian diberikan ruang gerak yang lebih besar bagi Universitas dan yang penting diperhatikan itu gaji professor atau pengajarnya dalam undang-undang mereka😉. Kemudian untuk memacu universitas menjadi yang terbaik diberikan pula perlombaan menjadi univ yang terbaik dalam profil, ketenaran, publikasi penelitian dan akhirnya mendapat dana penelitian yang besar. Inisitaif untuk memajukan pendidikan dan penelitian di Jerman sangat besar. Dikampus-kampus banyak terdapat lowongan pengumuman tentang riset di Institute ini dan itu. Tinggal kita aja yang  harus gesit untuk mendapatkannya. Mudah-mudahan dapatlah semester ini😉.

tahun 2006 ilmuwan Jerman membentuk Deutsche Forschungsgemeinschaft (Him­punan Penelitian Jerman – DFG), Himpunan Penelitian Jerman, merupakan organisasi swadaya pusat dari lembaga-lembaga ilmiah. DFG mendukung proyek penelitian; dananya terutama disediakan bagi perguruan tinggi. Di samping itu DFG mendukung kerja sama antara peneliti dan memberi konsultasi kepada parlemen-parlemen dan instansi pemerintah. Sampai tahun 2017 DFG itu dikasih dana 1,7 Miliar Euro (204 triliun Rupiah) untuk membagi-bagikan kepada Univ yang dipilih oleh lembaga Independen. Banyak kan?..disini menemukannya...Dana ini telah berdampak luas terhadap pembangunan Infrastruktur , hubungan dengan dunia usaha dan penelitian. Dana yang didapat oleh Universitas ini nantinya akan dibagi-bagikan siapa saja yang punya ilmu yang menonjol dalam bidang tertentu. Di Jerman juga dikenal dengan Univ yang elit kayak LMU dan TU München, TH Karlsruhe, RWTH Aachen, serta universitas-universitas Konstanz, Göttingen, Heidelberg dan Freiburg, dan FU Berlin. Tapi jangan keburu nafsu juga daftar di Univ ini. Lengkapi dulu persayaratannya yang lumayan banyak😉

Setelah Perang Dunia II, ilmu pengetahuan berkembang pesat. Masing-masing negera mulai membangun kembali tembok kehancuran mereka. Jerman yang dulu terpisah, tahun 1990 kembali bersatu. Hasilnya luar biasa, jumlah perguruan tinggi Jerman berjumlah hampir 370 buah yang tersebar hampir di seluruh Jerman, mulai dari desa sampai kota besar. Di Jerman umumnya bukan kota yang membangun Universitas melainkan Universitas yang membangun kota menurut sejarah. Semua Universitas mempunyai keunikan tersendiri apakah bangunan klasik kuno jaman kerajaan atau serba modern dengan teknologi, apakah berada di tengah kota atau pun diatas bukit yang hijau semua bebas anda pilih untuk menuntut ilmu. Perlu dicatat bahwa 90% adalah Univ NEGERI..Semua mutu di jamin oleh negara.

Di negara bagian saya saja Nord Rhein Westfalen ada 18 Univ besar dengan kewenangan promosi ke doktoral. 33 Univ terapan tanpa kewenangan promosi dan sembilam perguruan tinggi seni dan musik. Rata-rata dibangun kembali tahun 1950-1970 setelah negara bagian ini hancur karena perang dunia kedua.  Cuma dalam jangkan waktu dua daswarsa, jumlah pemuda-pemudi yang menuntut ilmu di Jerman bertambah lima kali lipat. Saat ini sekitar dua juta orang menuntut ilmu di Jerman dan jumlah perempuan adalah 48 % dari total tersebut. Di Jerman kuliah memang susah bagi yang ga rajin. Tahun 2009 di Jerman kuota untuk tamatan sekolah (gymnasium)  mencapai 43,2%. Artinya 43% tamatan Gymnasium bisa masuk Univ Negeri di Jerman. Saya bukan mau nakut-nakutin tapi fakta 23% student di Drop Out dari Universitas dan 2,3  persen dari student tersebut akhirnya lanjut ke tingkat doktoral.

Nah, bagi yang bingung mau masuk Fachochschule atau Universitas perhatikan tulisan berikut. Universitas dalam arti kata klasik adalah mengabdi pada ilmu murni dan menawarkan hampir seluruh spektrum disiplin ilmu, mulai dari ilmu jaman purbakala sampai kepada ekonomi modern, sedangkan universitas-universitas teknik (Technische Universität – TU) memusat­kan perkuliahannya pada bidang ilmu teknik dan ilmu alam. TU mempunyai reputasi baik sebagai tempat nyantrinya calon insynyur Jerman dan yang menjadi daya tarik kenapa harus studi di Jerman sejak tahun 1960an. Di tahun 1960an juga diperkenalkan jenis pendidikan baru yaitu Fachochschule atau Politeknik kayak di Indonesianya. Kalau studi di FH ini ilmunya bersifat terapan dan memiliki hubungan erat dengan perusahaan. Tujuan kuliah di FH adalah membuka jalur cepat ke dunia pekerjaan sedangkan di Universitas lebih menekankan kepada teori dan lebih membimbing menjadi peneliti nantinya. Kuliah di FH umumnya memiliki rata2 studi yang lebih pendek dari Universitas dan lebih menekankan kepada praktek, tetapi juga mementingkan hal-hal yang berbau ilmiah yang nantinya hasil penelitian itu dikaitkan dengan dunia industri.

Saat ini sekitar 240.ooo mahasiswa asing sedang berjuang menuntut ilmu dan pengalaman di Jerman. Lebih banyak 75% jika dibandingkan dengan tahun 1995. Artinya sekitar 12 persen dari jumlah mahasiswa di Jerman adalah mahasiswa asing. Kebanyakan mereka datang dari Cina, Rusia dan India. Bila diurut berdasarkan rasio penduduk seharusnya setiap 5 orang mahasiswa Cina, 4 India, 1 Rusia juga harus ada 1 Indonesia. Untuk memenuhi kuota tersebut, maka yang membaca tulisan inilah mereka nanti yang berada disana. Di Jerman terdapat sekitar 25.000 ilmuwan asing yang bekerja di Universitas Jerman, disamping itu adalagi sekitar 23.000 ilmuwan yang bekerja dan didukung oleh organisasi Jerman. Sukses ini berkat upaya bersama Universitas, Institut penelitian, perusahaan dan isntansi politik. Pertukaran pelajar yang terjaring dalam Erasmus mundus buat mahasiswa Eropa, Asia dan di bantu oleh beberapa Stiftung yang memberikan beasiswa kepada ilmuwan yang berprestasi turut mendongkrak citra Jerman sebagai Land der Idee.  DAAD, Deutscher Akademischer Austauschdienst (Dinas Pertukaran Akademis Jerman). DAAD juga ikut serta dalam pengembangan beberapa ratus kurikulum berbahasa asing (biasanya berbahasa Inggris) di perguruan tinggi Jerman. Kemudian Lembaga Humbolt Stiftung juga turut membantu kerja sama ilmiah luar negeri Jerman dengan negara di dunia.

Perjanjian Bologna juga mengubah cara pandang Eropa dalam menyikapi globalisasi. Menyamakan jenjang pendidikan supaya terjalinnya  kerja sama pertukarang pelajar antar negara Eropa dan meningkatkan daya tarik Eropa akan ilmu pengetahuan. Disini juga akhirnya terdapat beberapa peraturan dan pembatasan tentang mahasiswa yang ingin kuliah dibidang kedokteran, farmasi, psikologi, kedokteran hewan dan kedokteran gigi di Jerman. Pembagian tempat studi di antara perguruan tinggi dilakukan oleh sebuah instansi pusat yang dikenal dengan singkatan ZVS. Peraturan tersebut mencakup tentang jumlah mahasiswa, adanya wawancara untuk menyeleksi mahasiswa. Biasanya jika itu sebuah jurusan yang favorit atau program khusus selain bidang kesehatan tadi memang dibatasi jumlah mahasiswa yang masuk .

Ich bin auch dabei Neng ( ane ikut juga ahhh)

Dalam hal paten, Jerman berada diperingkat nomor tiga di dunia setelah USA dan Jepang. Paten ini banyak berasal dari Industri besar seperti Siemens, Bosch atau BASE. Mereka memiliki R n D tersendiri selain juga bekerja sama dengan Universitas atau lembaga riset lainnya. Tahun 2004 Jerman memiliki hampir 24.000 paten di Eropa. 5000 paten diantaranya dihasilkan oleh Siemens, BASF, Infenion dan Bosch. Untuk bidang Nanotechnology, Renewable energy, Bioteknology dan teknologi baru Jerman selalu menjadi yang paling aktif bersama USA dan Jepang. Ketika anda nantinya telah sampai di Jerman maka yang anda rasakan adalah segarnya udara yang dihirup tiap hari. Untuk masalah kendaraan dan emisi carbon Jerman memang selalu yang teratas di dunia. Saya pernah mengujungi kota di Jerman tengah dan mendapati bahwa sungai yang mengalir di sebelah Power Plant sangat bersih. Di setiap bagian rumah di Jerman terdapat taman bermain untuk anak-anak yang dilengkapi dengan wahananya. Begitu juga dengan taman untuk trek jogging yang hampir selalu ada yang ditumbuhi pohon-pohon rindang di kiri kanannya.

Riset tingkat tinggi banyak dilakukan dilembaga ilmiah seperti Max Planck Gesellschaft, Leibniz Gemeinschaft, Fraunhofer atau Helmholtz Gemeinschaft.  Lembaga yang besar dan sering juga sangat mahal itu terkenal di seluruh dunia, seperti Lembaga Penelitian Ion Berat (GSI), Pusat Penelitian Kanker Jerman (DKFZ), Sinkrotron Elektron Jerman – DESY di Hamburg atau Lembaga Alfred Wegener untuk Riset Kutub dan Kelautan. Ribuan peneliti asing diundang untuk saling sharing ilmu pengetahuan disana. dari tahun 2010 -2013 Jerman menaikan dana riset dan pendidikan sebesar 12 miliar Euro (144 triliun Rupiah). Targetnya, paling lambat pada tahun 2015 investasi di bidang tersebut mencapai sepuluh persen dari produk domestik bruto. So, tunggu apa lagi. Tanggung jawab yang membaca blog ini adalah memenuhi kuota mahasiswa Indonesia untuk berada setidaknya satu orang dari 5 student Cina, 4 India, 1 Rusia dan tanggung jawab saya dan yang membaca blog ini untuk memanfaatkan 12 miliar Euro itu untuk kebaikan manusia dan bumi di masa depan. Selamat datang anak-anak Pejuang😉..

Sumber : http://www.land-der-ideen.de/de

02.04 Muelheim ad Ruhr..15.09.2011

from a 14m2 room and peacefull of Ruhr Valley..

Bayu van Adam..

57 thoughts on “Dunia Pendidikan di Jerman

  1. Super sekali, sangat informatif dan inspiratif. Karena saya sudah terlanjur baca tulisan mas Bayu, maka saya akan usahakan memenuhi kuota mahasiswa Indonesia dengan berangkat menimba ilmu ke negreri Hitler. See you in Erlangen Nuremberg (Insyaallah).. “Where’s the a will there’s a way”.

  2. Da Bayu, Wie geht es Ihnen?

    Wak ado pertanyaan ciek da masalah beasiswa DAAD. Dalam list tawaran beasiswa DAAD (untuk offering di Indonesia) tu, dak ado bidang ilmu yang ka awak tuju di Uni di Jerman, misalnya wak nio maambiak bidang computational mechanics di TU Muenchen (yang di dalam list tahun 2011 untuk Indonesia indak ditawarkan). Apo wak masih bisa nyari saat di Jerman tu da. Tapi, kalau nio kul di Jerman harus puno deposit di Bank sekitar 10.000 Euro. Mohon konfirmasinya da Bayu.

    Gruss Got.
    Adriyan

    • mir geht’s Gut..
      DAAD hanya memberikan beasiswa bagi bidang ilmu yang ditawarkan di Master plus Experience 2 tahun. Kalau Computational Mechanic di TU Munchen tidak ditawarkan, berarti ga ada beasiswa dari DAAD untuk kesana. kalau dapat beasiswa, tidak perlu menyediakan uang sebanyak 8.050 (bukan 10.000) Euro karena nanti ada surat dari pemberi beasiswa bahwa mereka yang akan membiayai kita.
      Kalau ingin kuliah dengan biaya pribadi, memang harus menyediakan deposit 8050 euro..

  3. terimakasih infonya Van Adam, saya berencana Ph.D Kedokteran Hewan/Veterinary Medicine tp belum tahu benar Univ yg baik di german.Apakah uda punya Link yg Vet.Med?terimakasih uda krn saya juga orang pariaman😀

  4. Bang bayu.. Saya baru lulus sma,
    rencananya saya mau ngambil Bachelor maschinenbau di RWTH Aachen. Saya udah liat ulasan bang bayu ttg kuliah bdg medicine. Jujur aja sy jd agak gmn gtu pas baca ga ada beasiswa buat bachelor dan kuliahnya ga sempet buat part time. Jujur aja kluarga saya pas2an -_- Apa mahasiswa tekhnik jg bgitu bang? Tolong dong ada ulasan buat anak tekhnik ga?
    *oh iya alasan saya mau masuk rwth aachen soalnya setau saya di situ paling bagus dlm uruuan tekhnik mesin.. Berhubung abang kuliahnya jg di NRW, klo ada informasi ttg RWTH Aachen tolong bagi2 lg dong bang, lumayan buat nambah pengetahuan. Hehe trus ada rekomendasi lebih baik ngambil studientkolleg yg di Indoesia dulu. Menurut abang gmn?
    Maaf nih pertanyaannya banyak…😀 hehe
    Vielen Dank für Ihre Hilfe🙂

    • Hallo Arden..
      OK, RWTH Aachen banyak juga anak Indonesia yang kuliah di sana. Oiya, Memang untuk beasiswa S1 jarang sekali di Jerman, kecuali beasiswa tersebut berasal dari Indonesia. Uang kuliahnya tidak terlalu mahal seperti di USA, Australia atau UK, jadi memang pemerintah Jerman tidak memberikan beasiswa. Tetapi setelah sampai di Jerman Arden bisa apply beasiswa. Info bisa didapat di kampus masing2. Memang agak susah buat anak Medizine, tetapi peluang itu pasti ada. Tinggal usaha dan kemampuan kamu aja.
      Anak teknik kalau punya skill dan kemampuan bahasa Jerman yang baik lumayan gampang juga dapat part time job. Kalau ulasan secara mendetail tergantung jurusan ga ada. Kerja part time itu tergantung apakah kita rajin2 mencari saja.
      Ga selalu paling bagus, tapi masuk daftar terbaik. Kalau mau banyak tau tentang RWTH Aachen silahkan melihat website univ langsung, disana banyak info kok.
      Saya ga terlalu tau Studienkolleg di Indonesia,masing2 ada keuntungan dan kerugiannya. Studienkolleg di Indonesia lumayan mahal http://www.studienkolleg-indonesia.de/, sedangkan di Jerman studienkolleg lumayan murah (200 euro/semester).

  5. thx bgt buat infonya mas…inspiratif banget,saya juga ada rencana kuliah di sana, tapi saya bingung tentang persiapan bahasanya. Mw tny waktu mas ambil les bhs di goethe indo brp bulan sebelum ambil STK di sana?apakah terkadang masih agak terkendala masalah bhs di sana?
    trus mw tny jg bagaimana peluang lapangan pekerjaan di jerman?apakah menjajikan untuk pendatang non-EUR?
    thx ya mas…sukses terus di sana..GBU

    • terima kasih jga sudah berkunjung. Saya ga ikut STK karena saya ambil master bukan bachelor di Jerman.
      kalau mau masuk bachelor, masuk STK dulu, untuk masuk STK harus punya ZD dulu. ZD itu butuh minimal B1 untuk ambil ujian.
      bahasa tergantung pergaulan. semakin sering digunakan semakin cepat lancar. Kalau peluang kerja sih tergantung skill dan kemampuan bahasa jerman juga. karena bahasa jerman memang sangat penting di sini. Kalau menjanjikan sih tergantung diri masing2, ada yang suka kerja di jerman ada yang suka kerja di Indonesia. nanti setelah sampai di sini bisa menentukan sikap apakah mau kerja di sini atau di negara lain.
      yup..good luck..

      • ok mas..saya mw tny lagi waktu mas coba ambil beasiswa master lewat tes lagi atau berdasarkan nilai2 prestasi akademik di indo? soalnya saya juga mempertimbangkan ambil bachelor atau masternya di sana..saya jg baca artikel mas ttg kuliah kedokteran di sana..apakah memungkinkan beasiswa bwt dokter muda yg ingin mengambil prog. spesialis di sana?maaf bnyk tny mas…thx a lot

      • saya kuliah pakai biaya sendiri..
        saya ingin tau mas Mike mau ambil apa?.bachelor, master atau lulusan kedokteran di Indonesia.karena masing2 berbeda langkah2nya..
        kalau ingin dapat beasiswa jelas harus menunjukan keunggulan dari applicant lain..
        beasiswa selalu ada tinggal butuh upaya mencarinya..di link yang saya kasih itu bertautan link2 scholarship di jerman..

  6. Mas, saya mau nanya. Anak saya skrg kls 3 SMA dan pingin banget kuliah bachelor di jerman. Pinginnya sih masuk tehnik automotif, Universitas yg tehnik otomotifnya bagus mana ya mas??
    trus sebagai org tua nih, yg hrs disiapkan untuk kesana apa aja??? trus uang jaminan masih tetap segitu ya?? Ada gak gambaran untuk asuransi kesehatan butuhnya berapa???

  7. danke kak bayu, wie gehts? hehe terima kasih sekali atas info nya yang super inspiratif dan sangat membantu ini, semoga allah membalas semua kebaikanmu kak bayu amiiinnnnnnnn, trust me that ur the 2nd mario teguh for me :3, wait me in deutschland *wink winkk

    • sama sama…mitr geht’s Gut..ud bei dir?..
      Aamiin..semoga membawa manfaat dan mencerahkan…wah, saya ga ada apa2nya dibanding pak Mario..jauhlaah….Aaminn…semoga didengar Tuhan doanya..

  8. mohon bantuannya ya kak bayu, saya baru kelas 2sma, dan newbie belajar bahasa jerman, dan sangat tertarik dengan bahasa jerman, dan setelah baca blognya kak bayu, wwooooow, jadi gak bisa tidur mikirin nih T^T, kak, kira kira biaya bersihnya kak bayu sampe deutschland itu berapa???😮, 60juta? hehe maaf ya kak

    • boleh..kalau mau belajar bahasa jerman mulai dari sekarang dan belajar juga di rumah dengan otodidak atau lebih baik ikut kursus di goethe dan lembaga bahasa jerman
      http://www.dw.de/dw/0,,11710,00.html

      mudah2an malam ini bisa tidur,supaya besok bisa sekolah lagi🙂
      wah, kalau biaya 120 jt sampai kesini..kalau ngurus sendiri..

  9. Selamat siang ka bayu..
    btw terima kasih banyak atas infonya.. truly sangat memberikan pencerahan buat saya. saya dari jurusan pendidikan biologi baru semester 5 , saya berniat meneruskan s2 di FU Berlin untuk gelar M.Ed disana. saya juga sekarang sedang kursus di Goethe Bandung,, mumpung masih 2 tahun lagi saya bingung apa aja yang harus dipersiapkan selain kemampuan bahasa jerman dan biayanya. oia, kira2 biaya yang harus dipegang sebelum keberangkatan berapa ya ka? hehehe

    • Hallo Rifka.
      Baguslah kalau udah mulai les bahasa Jerman mulai dari sekarang. Selain biaya tentunya kemampuan bahasa yang sangat penting.
      Biaya yang dipegang sebelum kebarangkatan di luar bikin account di bank jerman mungkin sekitar 20 juta (termasuk tiket pesawat di dalamnya).

  10. Hallo kak bayu, ich bin Donny😀. Mau tanya nih kak, kalo sekolah di jerman tuh harus memberikan bukti keuangan dulu waktu applying visa? Ada jalan laen kagak kak selain memberikan bukti keuangan itu? Jujur nih kak, aku pengen banget kuliah di Jerman tapi duit 8000 Euro itu yang bikin nyesek. Mohon bantuannya kak

    • Hallo Donny,
      Yup..Iya, syarat untuk apply visa itu
      1. surat keterangan diterima di Univ, Sparchkurs atau studienkolleg di Jerman
      2. Bukti keuangan yang dibuktikan dengan surat dari Deutsche Bank Jerman yang dikirimkan kepada kita atas telah dibuatnya account bank atas nama kita. setelah di jerman dapat dibuka dan diambil duitnya.

      sayangnya g ada jalan lain, kecuali beasiswa.

    • Ga usah sambung S1 di jerman mas. Nanti disuruh ulang lagi dari Bachelor, D3 di Indonesia ga diakui sama sekali. Lebih baik selesaikan dulu S1 di Indonesia dan lanjut S2 ke Jerman nantinya.

  11. Kebetulan aku mau kuliah FH di jerman, dan skarang msh program au pair masih 10 bln kontrak.
    Aku mau cari beasiswa FH maschinenbau, tapi msh ‘buta’ blom tau jalan.
    Hehe
    Berguna bgt info dari mas Adam, nah tp bisa bantu saya ga beri sedikit info atau kasi au web site tentang FH,?
    Ada beasiswa ga utk FH?
    Makasih mas hehe

  12. salam kenal mas…mau tanya. dulu mas adam biaya sendiri studi S2nya di jerman? kl biaya sendiri kr2 harus nyiapin berapa kl dirupiahkan?tapi setelah disana kita bs mengajukan beasiswa kan?

    • salam kenal mas Andri. Iya saya biasa sendiri. Setahun butuh 7000 euro (84 juta). Bisa saja mengajukan beassiswa di sini. Tergantung semangat dan keahlian kita mencari beasiswa.

  13. Salam kenal mas, sy lulusan S2 Universitas Kebangsaan Malaysia Fak. Pendidikan Jurusan Psikologi Pendidikan. punya info tuk lanjut s3 dengan fak n jurusan yg sm ga mas?
    Danke für die Informationen

    • Wah..kalau S3 bukannya langsung menghubungi prof..bukamn terkait dengan Uni..tapi lembaga riset di Univ tersebut..Uni bagus belum tentu lembaga riset di Univ untuk bidang tertentu bagus..kalau psikologi Univ Leipzig paling top di jerman

  14. Salam kenal Mas.
    Artikel yang bagus sekali. Saya lulusan S1 Ilmu Komuikasi tertarik melanjutkan S2 di Jerman. Pilihannya antara International Bisnis Communication atau International Relations.
    Untuk kuliah di Jerman lebih bagus yg mana ya? ada referensi Universitas yang cocok mungkin?
    Danke.

    • Salam kenal juga mas sky..

      coba baca lebih banyak arah kedua jurusan tsb kemana. Jujur saja kalau saya seperti disuruh milih makanan yang mas mau saat lapar. Saya ga tau harus nyaranin jurusan di mana. coba dicek masing2 jurusan di Jerman, nanti bisa kebuka sendiri pikirannya mau ambil jurusan mana yang bagus

  15. Halo mas Bayu.
    salam super. LUAR BIASA!!!

    Saya sangat apresiasi dengan mas bayu.

    Perkenalkan mas. Nama saya Syaiful Bahri. Saya ingin sekali bisa melanjutkan master di Jerman.
    Kebetulan juga saya ada memilki saudara (tante) di Leipzig, German.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah Universitas di Lepizig itu bagus utk bidang studi saya? yang background pendidikan saya adalah S1 Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis).
    Karena yang saya ketahui dan baca dari beberapa blog, bidang studi yang bagus untuk di jerman adalah engineering dan medicine. thanks.

    • Hallo mas Syaiful,

      terima kasih. Kalau untuk Agrobisnis yang paling bagus di Uni Goetingen atau Uni Kassel.
      di Jerman hampir semua lini bagus. Di sini makanan Organik atau Bioteknologi sudah luar biasa maju.

      salam

      Bayu

  16. Asslmkum kak.. Saya sedang koas kedokteran gigi.. saya ingin meneruskan S2 di Jerman tentang manajement rumah sakit .. mungkin kak adam bisa membantu saya dalam mencari beasiswa,,link nya atau universitas yg ada s2 tentang itu kak..
    Terimakasiih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s