Change…!

http://farm3.static.flickr.com

Malam telah larut bersama gerimis hujan yang sesekali membasahi bumi. Tak ada suara yang begitu jelas dini hari ini hanya suara hati yang membawa diri membaca hampir setengah bagian dari sebuah buku 270 halaman. Di impor khusus dari Zamrud khatulistiwa , melewati lintas benua dan samudra. Hanya terbersit keinginan didiri untuk berubah, tetapi bukan ke arah yang lebih buruk tentunya. Oleh karena itulah buku (Re-Code change your DNA) ini  terkembang di atas meja penulis.

Setelah menyantap IV bab buku ini, di halaman awal bab III ada sepenggal kalimat tentang kata Change.

Satu kata yang terpenting adalah, Change !

Dua kata yang terindah adalah di hati manusia, Terima Kasih.

Tiga kata yang menghimpit di hati, Negeriku Sulit Berubah.

Empat kata yang membunuh, Negeriku Tidak Bisa Berubah.

Lima kata yang memanggil, Negeriku Butuh Aku Untuk Berubah.

Banyak kata yang perlu di waspadai,….Mereka yang Berubah-ubah Terus dan yang Tak Mau Berubah Sama Sekali.

Pada waktu perang dingin antara Uni Soviet dan US, Nokia menjadi anak kesayangan Uni Soviet. Mereka bergerak di usaha kehutanan, transportasi sampai sepatu boots kemudian sampai bertransformasi menjadi perusahaan cellular phone. Pada waktu itu Motorolla menguasai beberapa pasar telekomunikasi dan menolak kehadiran Nokia secara defensif. Motorolla pada saat itu juga tengah asik mengklaim dirinya sebagai pelopor dengan teknologi analog. Kemudian Nokia mulai memperkenalkan teknologi digital dan memposisikan dirinya sebagai phone digital, fashion, user friendly. Seiring perkembangan waktu, Nokia berhasil menjadi penguasa pasa cellular phone yang tidak tergoyahkan mengalahkan Motorolla. Dari kasus ini dapat dilihat bahwa dunia telah berubah, hanya orang-orang yang sibuk dengan kejayaan masa lalulah yang terkubur dengan history mereka tanpa pernah merespon perubahan global.Ibarat kata pepatah bijak “Koran hari kemaren tidak akan laku di baca hari ini”.

Kadang saya berpikir bahwa otak ini memang adanya bekerja seperti parasut. Dia akan bermanfaat kalau terbuka. Saya sering berkenalan dan bercerita tentang apapun baik dengan yang jauh lebih tua dari saya ataupun lebih muda. Dari situ dapat di tarik beberapa kesimpulan bahwa pembaharuan dan perubahan tidak ada hubungannya sama sekali dengan usia seseorang. Saya bertemu dengan orang tua yang inovatif dan mendukung perubahan, dan tak sedikit juga yang anak muda yang berpikiran tertutup dan selalu mengacu ke zaman dahulu.

Janganlah anda iri terhadap sesorang yang melakukan perubahan, dengan kritik mengatakan bahwa sesungguhnya Anda melakukan karena sayang padanya. Rasa sayang dan Iri adalah dua hal yang berbeda. Rasa sayang melihat dengan teleskop, dan rasa iri melihat melalui mikroskop. Kala iri, Anda cenderung memperbesar hal-hal yang tidak anda miliki“. Paul Masson.

02.36 – 4th September 2011 Muelheim ad Ruhr

Kedamaian lembah Sungai Ruhr..

Bayu van Adam

2 thoughts on “Change…!

  1. Good post, bay.
    Change…change…change…
    setiap org memang butuh perubahan. Jgn sampai “stuck at the moment”, krn hal itu membuat qt mnjadi org yg tertinggal…
    Btw selalu bc postinganmu krn d subscribe k email. Makin hari, makin bgs ya tulisannya!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s