What we learnt at Kindergarten

Dipertengahan tahun 1991 ada seorang anak bersama ibunya, mereka ingin mendaftar di salah satu sekolah dasar di kota kecil Pariaman, kota di tepi Samudra Pasifik di Pulau Sumatera. Ketika mereka berada di dalam ruangan guru, maka sang guru bertanya apakah anak ini telah mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) atau belum?. Jika anak ini telah mengikuti pendidikan TK  maka anak ini boleh mendaftar di sekolah ini. Sang guru berpendapat bahwa dengan mengikuti TK maka anak-anak bisa lebih cepat mengikuti pelajaran membaca dan berhitung nantinya. Ternyata ada pertanyaan yang lupa ditanyakan oleh guru tersebut kepada ibu si anak pada saat itu. “Apakah anak ini telah bisa berhitung dan membaca bu?”. Begitulah seharusnya pertanyaan yang di tanyakan kalau saya boleh usul saat sekarang ini. Karena tidak membawa ijzah atau bukti apapun apakah si anak telah mengikuti TK atau tidak sebagai bukti. Maka pada esok lusanya si ibu kembali dengan si anak dengan foto si anak yang  berseragam TK layaknya foto dalam sebuah Ijazah sebuah Perguruan Tinggi. Anak ini memang tidak mengikuti TK, foto tersebut di ambil esok harinya setelah mengunjungi sekolah pertama kali. Dan seragam TK pun di pinjam dari sebuah TK di tempat adik Ibunya mengajar sebagai guru TK. Singkat cerita akhirnya anak ini diterima di sekolah dasar tersebut. Sebenarnya si ibu ingin bilang sama guru yang kemarin bahwa anak ini telah dapat berhitung hingga ratusan dan membaca dengan lancar saat dia baru saja berumur 3 tahun.

20 tahun kemudian di pertengahan malam di kota Muelheim ad Ruhr di Jerman anak ini membaca sebuah buku yang sangat menarik. Salah satu halaman di dalam buku ini sangat menarik perhatian anak ini yaitu ketika tertulis judul buku All i really need to know I learned in Kindergarten karangan Robert Fulghum. Kenapa menarik?..anak ini tidak pernah mengikuti Kindergarten dahulunya maka dia tidak tahu apa yang benar-benar di pelajari dan apa yang dilakukan ketika di Kindergarten (TK).  Inilah isi tulisan tersebut :

Most of what I really need to know about how to live and what to do and how to be I learned in kindergarten. Wisdom was not at the top
Of the graduate school mountain, But there in the sandpile at Sunday school.  These are the things I learned:

1. Share everything.
2. Play fair.
3. Don’t hit people.
4. Put things back where you found them.
5. Clean up your own mess.
6. Don’t take things that aren’t yours.
7. Say you’re sorry when you hurt somebody.
8. Wash your hands before you eat.
9. Live a balanced life -Learn some and think some and draw and paint and sing and dance nd aplay and work everyday some.
10. When you go out into the world, Watch out for traffic, Hold hands and stick together.
11. Be aware of wonder.

Apa yang di dapat dari pelajaran simpe ini?..Kedisiplinan anak-anak TK.  Orang boleh berpendapat bahwa dunia di Kindergarten di penuhi oleh ketidak beraturan, kekacauan dan ketidakdisiplinan. Tempat dimana anak-anak ingusan yang belum mampu menghapus ingusnya dan sulit diajak berpikir logis. Tempat dimana sifat kekanak-kanakan berada bercampur baur dengan tangis, jerit dan tawa. Namun diantara hiruk pikuk anak-anak ini disanalah mulai diajarkan dan ditanamkan sejak dini hal-hal terpuji menyangkut nilai-nilai etika dan moral, bahkan kedisiplinan professional yang seiring berjalannya waktu dan usia akan berangsur-angsur terlupakan karena terkontaminasi oleh ambisi dan sifat mau menang tersendiri.

Seluruh poin yang diajarkan itu bila  direnungkan secara mendalam dan di praktekan tentunya akan membawa kebahagiaan bagi yang bersangkutan dan juga lingkungan sekitar. Bukannkah Play fair dan Put things back when you found them dan don’t take the things that are not yours  akan sangat indah dan beradab jika kita applikasikan di kehidupan sehari-hari?…:-)

Muelheim ad Ruhr, 31.07.2011

Selamat menunaikan ibadah Puasa bagi Muslim yang berpuasa😉

Bayu van Adam

2 thoughts on “What we learnt at Kindergarten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s