Try something new for 30 days

Hari ini adalah hari kedua musim panas di Jerman. Walaupun musim panas, temperatur tetap saja masih belasan Celcius dan angin yang meniup mesra seaakan menyatakan bahwa musim panas belum dimulai, kawan!. Langit yang biasanya biru dan cerah, sampai siang ini masih enggan memunculkan sang surya secara keseluruhan.

Pagi ini saya memang sedikit sibuk dengan urusan-urusan akhir pekan yang mengharuskan saya melakukan sesuatu sesuai target hari ini. Kesibukan ini disebabkan tadi malam saya iseng mengutak-atik website TEDx, dan menemukan video terbaru yang berjudul Try something new for 30 days. Jadi sayasedikit terpengaruh dan membuat planning yang baru yang bisa rasanya di wujudkan hari ini. Planningnya saya sederhana saja tidak perlu muluk-muluk atau berlebihan. Saya menuliskan bahwa  hari ini harus bisa memasak satu jenis makanan baru yang belum pernah di coba, menulis satu tulisan baru untuk blog, menyelesaikan dua bab mata kuliah Waste Water Treatment, menonton satu film dokumenter dan memotret beberapa objek dengan kamera saya dan berlorahraga di taman belakang rumah. Saya belum pernah melakukan enam hal tersebut sekaligus selama satu hari. Sepertinya hal ini begitu simpel ketika saya menuliskannya semalam.

Semalam saya mulai berangkat keperaduan sekitar jam 02.00 dini hari dan bangun hari ini pukul 7.00 pagi. Kemudian saya harus ke kantor pos menjemput barang yang minggu kemarin di beli lewat Ebay, kemudian sekalian pergi ke toko Turki membeli sepotong daging Kalkun, kentang dan bahan masakan lainnya yang di rasa perlu untuk menu masakan hari ini. Tak terasa bahwa setelah sampai dirumah waktu menunjukan pukul 13.00.Padahal saya beru menyelesaikan beberapa hal yang sepele. Saya merasa bahwa selama disini waktu berlalu begitu cepat, seperti satu hari bukan 24 jam saja. Setelah sampai dirumah saya langsung mempersiapkan segala sesuatu untuk resep baru yaitu Sup Kalkun Turki. Ternyata memasak itu butuh waktu juga selama hampir dua jam dari awal persiapan sampai proses makannya. Selama proses memasak saya sempatkan menonton film dokumenter Extreme Engineer tentang perencanaan terowongan transatlatic di masa depan yang mungkin  menghubungkan antara Eropa barat dengan Amerika bagian timur. Kadang saya merasa hari ini berlalu dengan begitu cepat tanpa terasa bahwa sore sudah menjemput matahari lagi untuk di bawa ke peraduan. Merasa rugi sekali kalau tidak menghasilkan apa-apa yang bermanfaat hari ini pikir saya, tak penting apakah itu ada atau tidak hubungannya dengan perkuliahan. Dan jam pun telah menunjukan pukul 15.30 dan saya masih belum memegang bahan-bahan perkuliahan. Memang setiap hari sabtu ada perasaan yang berat sekali untuk memegang bahan kuliah, karena sabtu bukan hari kerja dan saya seharusnya juga berkeliaran di diluar rumah menemukan ide-ide yang baru. Dari pada mengantuk membaca buku kuliah jam 16.00 maka saya coba menuliskan apa yang saya pikirkan pada blog ini.

Ya, saya hampir saja menyelesaikan tiga target hari ini, memasak, menonton film dokumenter dan lagi dalam proses penyelesaian cerita singkat di blog dan memotret beberapa objek entah itu penting atau tidak. Tinggal dua lagi yang tersisa, olahraga dan membaca beberapa skript kuliah malam ini. Sebenarnya beberapa hal diatas sangat simple untuk diterapkan, saya mencoba beberapa hal baru yang telah saya targetkan hari ini. Meskipun melakukan hal kecil namun jika berkelanjutan akan membawa perubahan besar pada diri kita begitu lah inti yang saya tangkap dari video yang saya sebutkan diatas tadi. Saya sudah mencoba beberapa hal yang menurut orang tidak masuk akal atau mungkin saya sendiri mengatakannya begitu. Saya mencoba setelah selesai mandi pagi saya tidak akan memakai baju yang kemaren atau baju tidur saya semalam, meskipun saya tidak akan kemana-mana seharian seperti waktu musim dingin beberapa bulan yang lalu. Dalam pikiran saya bahwa dengan mengganti baju yang baru, saya merasa lebih fresh dan lebih plong dalam berpikir. Meskipun tidak  ada korelasi antara baju baru dengan pikiran pagi ini, tapi saya merasa lebih plong dan fresh setelah melakukannya. Apakah ini bentuk sugesti atau kebiasaan dalam tindakan yang membuat seseorang menjadi merasa nyaman jika setelah melakukannya.

Satu hal yang saya pelajari dari hari ini bahwa pentingnya memanfaatkan waktu semaksimal mungkin agar hidup kita lebih berkualitas dengan enghasilkan karya atau minimal menambah ilmu yang bermanfaat setelah melewati hari ini. Waktu memang tidak bisa di ganti atau di mundurkan untuk beberapa saat dan merugilah orang-orang yang membuang waktu mereka secara percuma tanpa mendapatkan apa-apa di kesehariannya. Kadang saya berpikir bahwa Facebook, twitter telah mulai mengganggu saya tetapi tetap saja susah untuk meninggalkannya. Satu-satunya cara untuk tetap bermanfaat bermain facebook adalah memunculkan hasil karya saya di dalamnya. Entah dalam bentuk tulisan, video atau link-link website yang saya anggap bisa bermanfaat bagi teman-teman ataupun hasil masakan terbaru saya. Facebook kadang bagai dua sisi mata uang ,bisa jadi NETWORKING atau NOTWORKING. Dari pada bermain Facebook terus terusan mending “Face a Book” (membaca.red)  saja buat malam ini..:-). Yang jelas saya menikmati hari yang luar biasa hari ini dengan mencoba hal-hal baru yang ingin sekali saya lakukan sejak lama.

18.19 Muelheim ad Ruhr 02.07.2011

Tiupan mesra angin di sore ini menambah kedamaian di Muelheim..

Bayu van Adam

Leave a Reply

