Gadjah Mada atau Gadjah Nakal


Di rumah nenek saya, disuatu desa yang  berjarak sekitar 15 km dari kota Pariaman, tergantung sebuah lukisan seorang Gadjah Mada menunggang seekor kuda dengan gagah beraninya. Sepertinya beliau menuju medan pertempuran dengan memegang keris di tangan kanannya. Karena lukisan tersebut saya sering kali berpikir tentang nama belakang saya yaitu Adam, dari mana nama ini berasal atau dari mana orang tua saya memperoleh nama ini sehingga semua adik saya memiliki Adam sebagai nama keluarganya. Bahkan bagi saya nama ini terkesan kebarat-baratan seolah-olah saya adalah adiknya Brian Adam (penyanyi Everything I do).🙂. Bagi saya ini suatu kemudahan di dunia barat, karena di barat setiap orang memiliki nama keluarga, jadi saya tidak perlu pusing atau bertanya lagi ketika disuruh mengisi sebuah formulir atau seseorang meminta nama belakang saya untuk mengisi data dan dengan mantap saya menjawab ‘Adam”.

Lalu saya mengira-ngira bahwa mungkin saja nama Adam berasal dari Mada (Gadjah Mada) ketika kata tersebut di eja terbalik. Mada dalam bahasa Minang berarti Nakal untuk anak-anak yang tidak mau mendengarkan nasihat orang tua. Ya, Lukisan Gadjah Mada tersebut konon telah ada sejak saya masih belum bisa berdiri, entahlah saya pun tidak pernah menanyakannya langsung kepada Ibu atau Ayah.

Ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama, mungkin saya termasuk anak yang sedikit nakal menurut orang tua saya, bukan tanpa sebab, saya pernah keluyuran sampai jam 00.30, semua dilakukan karena pada waktu itu dalam masa pubertas seorang anak laki-laki. Begitu lah taraf kenakalan saya pada era saya tahun 1997.  Ketika di bangku sekolah menengah atas pun masih berlanjut, tetapi dalam taraf yang berbeda, dan parahnya saya pernah berada di rangking 3 paling bawah dari semua teman sekelas. Begitu lah saya sebenarnya tidak suka dengan “Rangking”  dalam sebuah rapor sekolah. Yang terpenting bagi saya adalah saya mulai menyukai buku, memiliki ide kreatifitas dan prinsip dan integritas.

Dalam adat Minangkabau saya mungkin tidak akan pernah menjadi “Mamak”(paman), karena saya tidak memiliki adik perempuan yang sedarah menurut garis keturunan ibu. Begitulah adat kami disebut juga dengan adat Matrilineal. Saya hanya memiliki 2 orang saudara laki-laki, begitu pun adik perempaun ibu saya juga memiliki empat orang anak laki-laki. Bertengkar, berargumen dan berkelahi merupakan aktifitas yang biasa setiap hari ketika berada di rumah Pariaman. Tapi hal ini berhenti ketika kami mulai beranjak dewasa dan pergi merantau ke daerah atau kenegara lain.

Beberapa kali saya pernah berargumen dan bertentangan pikiran dengan orang tua, tapi cuma dalam tahap itu saja dan berujung positif, bahkan tak jarang  apa yang dikatakan orang tua saya saya “Iya” kan, walaupun applikasi dan yang saya lakukan berlainan untuk mencapai tujuan, tapi jika saya berhasil dengan cara saya, saya mengatakan semua karena  saran dari Ibu dan Ayah, dan jika berujung kegagalan, maka semua tanggung jawab saya, karena saya tidak mendengarkan dan melakukan apa yang Ibu dan Ayah katakan. Begitu lah ke nakalan saya sehingga saya sampai juga Jerman yang jauh begini tanpa kenal siapapun dulunya. Kalau saya boleh bagi kata FAMILY dalam bahasa Inggris mungkin dapat di terjemahkan sebagai berikut Father And Mother I Love You.

1 Juni 11, Muelheim an der Ruhr 22.58

Bayu van Adam

yang lagi dalam progres membaca buku Post Oil Energy Technology.

2 thoughts on “Gadjah Mada atau Gadjah Nakal

  1. Asyik juga membaca artikelmu saudaraku Bayu Adam (dibalik Mada) saya tertawa sendiri ketika membacanya. Ada kejujuran disana dan semangat yang kuat pula disana, Kenakalan masa remaja itu wajar asal jangan keterusan, saatnya menatap jauh kedepan jalan masih panjang.

    • terima kasih atas apresiasinya pak Sabar..semoga kenakalan menulis ini masih terus berlanjut. ..:-)benar, jalan masih sebagai seorang anak bangsa..

Leave a Reply

