Hari Kebangkitan Nasional Indonesia

Di medio tahun 90an sampai awal abad milenium salah satu mata pelajaran yang saya sukai adalah tentang sejarah dunia. Saya begitu cepat menghapal nama-nama negara berikut ibu kotanya, bahkan sampai kota-kota kecil pun di suatu negara saya kadang-kadang bisa menjawab  dengan cepat dimana persisnya suatu kota tersebut berada. Memang sebelumnya saya telah lebih dahulu mengenal peta dunia dan Globe sewaktu masih belum menginjakan kaki di Sekolah Dasar, hal ini karena ibu saya adalah guru Geografi di sebuah sekolah menengah negeri di kota kecil yang langsung berhadapan dengan  Samudra Pasifik yang terletak sekitar 60 km dari ibu kota Propinsi Sumatera Barat yaitu Pariaman.

Pengetahun saya tentang nama-nama kota semakin bertambah melalui hobi yang saya tekuni mulai memasuki Sekolah Menengah Pertama yaitu sepak bola dan membaca Majalah GO. Saya  mulai mengenali beberapa nama-nama pemain dari berbagai belahan dunia dan berikut mengetahui negara asal mereka  masing-masing. Memang tiap-tiap negara memiliki nama yang khas, orang bisa saja mengetahui dari mana negera meraka berasal.

Pelajaran yang paling membuat saya tertarik adalahh tentang Perang Dunia yang terjadi pada akhir 1939 sampai akhir 1945 yang dimulai oleh invasi Jerman terhadap Polandia pada 1 September 1939 dan dua hari kemudian Inggris dan Prancis mengumumkan perang terhadap Jerman. Perang Dunia ini sebelumnya juga dipicu oleh invasi Kekaisaran Jepang ke Manchuria (Republik China)  pada 13 September 1931 dan invasi kedua Kekaisaran Jepang di bawah pimpinan kaisar Hirohito ke Cina, Mongolia dan Burma pada tahun 1937 yang dikenal dengan Second Sino -Japan War atau China – Japan War. Dua kekuatan besar di Eropa dan Asia tersebut akhirnya bersatu pada tahun 1941 dan menjadi Single Global Conflict. Untuk pemahaman yang lebih tentang Perang Dunia ke Dua bisa dilihat di animasi berikut (klik di link ini )….World War II History.

Perang dunia berakhir pada  14 Agustus 1945, setelah pada tanggal 6 dan 9 Agustus dua kota Jepang di jatuhi Bom Atom oleh Amerika yaitu Hiroshima dan Nagasaki dan Jepang mengumumkan menyerah 5 hari kemudian, sedangkan perang di Eropa berakhir sekitar akhir April dan awal Mei sesuai dengan penandatanganan The German instrument of surrender pada tanggal 7 Mei 1945 di Reims (Perancis). Kehancuran Era Nazi di Jerman dan Fasis Mussolini di Italy dimulai dengan terbunuhnya Mussolini pada tanggal 28 April 1945 dan terbunuhnya Adolf Hitler 2 hari kemudian setelah kematian Mussolini.

Setelah berakhirnya Perang Dunia ke dua di Eropa dan Asia timur kedua negara besar tersebut (Jerman dan Jepang) benar-benar hancur dalam bidang infrastruktur dan dihadapai dengan masalah mental sebagai pihak yang kalah. Pada masa tersebut juga dimanfaatkan Indonesia untuk memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah 8 hari terjadi Vakum of Power di Indonesia karena Jepang menarik hampir semua tentaranya untuk kembali ke dalam negeri karena mereka baru saja menerima bom atom dari Amerika.

Dalam Faktanya pada tahun itu ketiga negara yaitu Jerman, Jepang dan Indonesia benar-benar memulai dari titik NOL untuk membangun peradaban baru. Lima puluh tahun kemudian memang hanya dua negara yang pertama disebutkan yang menguasai dunia sampai saat ini, yaitu Jerman dan Jepang, baik dalam bidang Ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, infrastruktur bahkan mungkin hampir disemua lini kedua negara tersebut meninggalkan Indonesia. Tentu ada yang salah kalau kita belum mampu untuk berjalan sejajar dengan mereka  atau minimal kita bisa mengikuti mereka. Tetapi kita jangan ditinggal terlalu jauh begini, atau mungkin saja kita yang berjalan di tempat sementara negara lain berlari seakan sebagai seorang sprinter di medan Olimpiade. Kegagalan terjadi karena kita tidak pernah mengubah cara kita yang telah membuat kita gagal. Sebanyak apapun percobaan yang dilakukan kalau metode yang digunakan masih sama seaktu kita gagal kemaren , yaa..hasilnya akan tetap sama. Benar adanya kita mulai perlahan-lahan hancur di hampir semua lini karena beberapa penyimpangan dari yang SOP (standar operating procedure). Cara memperbaikinya tentu tidak lah semudah membalikan telapak tangan begitu orang umum mengibaratkannya. Sekarang kita mulai saja dari lini yang kita hadapi masing-masing dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang yang sedang menimba ilmu diharapkan memiliki ilmu yang bermanfaat untuk orang banyak, sebagai saudagar tentunya harus jujur dan amanah, sebagai seorang pendidik hendaknya dapat di jadikan contoh bagi anak didiknya, sebagai seorang karyawan bekerja dengan sunguh-sunguh, sebagai seorang wakil rakyak hendaknya memberikan alamat email yang asli kepada rakyatnya.

Jika SDA dan SDM kita di pergunakan dengan baik InsyaAllah kita bisa mengejar ketertinggalan kita terhadap Cina, Brazil, Turki dan negara-negara berkembang lainnya seangkatan kita, atau kita harus mundur dan setara dengan negara dunia ke tiga di kawasan benua hitam.

Semoga di hari Kebangkitan Nasional  pada tanggal 20 Mei ini yang ditandai dengan berdirinya Boedi Utomo 20 mei 1908 dan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 diwarnai dengan bangkitnya Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan yang utuh terhadap Republik Indonesia. Atau haruskan kita menunggu seseorang seperti KH. Ahmad Dahlan, Ki hajar Dewantara, Douwes Dekker, Dr. Ciptomangunkusumo atau Tan Malaka – Tan Malaka yang baru?.

Muelheim an der Ruhr, 03.52 – 20 Mei 2011- Germany

Lembah Ruhr yang sepi yang sunyi plus Insomnia

Bayu van Adam

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/World_War_II#Invasion_of_Ethiopia

http://multimedialearning.org/presentations/present1/Slide10.jpg

http://questgarden.com/63/29/3/080328182742/images/intro1.jpg

http://id.wikipedia.org/wiki/Kebangkitan_Nasional_Indonesia

One thought on “Hari Kebangkitan Nasional Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s