Weihnachtsmarkt dan Jutaan Euro di Jerman

Weihnachsmarkt adalah sebuah event yang di adakan sebulan sebelum perayaan natal di jerman atau mungkin dalam bahasa awamnya adalah pasar malam yang menyajikan minuman, makanan, pernak pernik atau cinderamata natal dan biasanya terdapat hiburan berupa live music di beberpa kota besar seperti Cologne, Duesseldorf, Hamburg dll. Event ini dimulai hari senin tepat sebelum tanggal 25 November dan berakhir pada tanggal 24 Desember.

Tapi tahukah anda berapa uang yang beredar setiap malam di sebuah Weihnachtsmarkt seperti di kota Cologne, tempat saya bekerja pada musim dingin tahun 2010 yang lalu. Atau kalau kita jumlahkan dalam sebulan event pelaksanaan, saya dapat menghitung dengan kasar bahwa jumlahnya hampir 4,5 juta euro atau kalikan saja dengan kurs 1 euro = Rp 12.400 . Sebuah nilai yang fantastis bukan untuk sebuah kota yang hanya dengan menyelenggarakan event sebulan dan hanya dengan jumlah 110 stand.

Weichnachtsmark ini di kelola oleh sebuah perusahaan yang memenangi tender. Setiap lima tahun sekali berbagai perusahaan mengikuti tender untuk dapat mengelola weichnachtsmark untuk lima tahun kedepannya. Siapa yang menang, maka mereka yang mengelola.

Weichnachtsmark bukan saja menjual minuman seperti coklat panas, wine panas dan segala minuman yang disajikan panas. Kenapa harus panas?. Anda bayangkan saja di saat temperatur minus nol celcius dan anda harus berada diluar ruangan untuk bercerita bersama rekan-rekan anda pastinya anda butuh minuman untuk mengatur temperatur tubuh anda. Weichnachtsmark juga menjual makanan-makanan seperti sosi dan roti, creepes, makanan berbahan dasar kentang dll. Disini anda juga bisa menemukan pernak pernik atau cinderamata sebagai tanda bahwa anda pernah mengunjugi Weichnachtsmark di Cologne.

Perusahaan tempat saya bekerja di tahun 2010 kemaren memiliki sekitar 25 stand dari 110 stand yang disediakan. Sebagian besar stand mereka digunakan untuk menjuall minuman dan untuk sosis serta creepes (seperti martabak manis kalau di Indonesia).

Sebagian besar yang bekerja di Weichnachtsmark adalah student, bahkan mungkin sekitar 80 persen dari total pekerja.

Oke, saya rasa sudah cukup menjelaskan secara singkat tentang Weichnachtsmark. Sebagai seorang yang tumbuh dan berkembang di bidang usaha sedari kecil karena kakek dan nenek saya adalah pegawai Pertamina ( begitu saya menyebutnya supaya kelihatan sedikit keren, karena beliau adalah agen minyak tanah daerah Padang Pariaman) dan Ayah saya yang mengajari saya berwirausaha sedari saya masih berada di kelas satu Sekolah Menengah Pertama, mungkin sekitar umur 13 tahun dan beliau adalah juga guru kewirausaan pada sebuah sekolah menengah kejuruan pada masa itu. Kemudian ditambah darah Minang saya yang membuat saya sedikit penasaran tentang. „berapa sih omset Weichnachtsmark ini semalam, seminggu, atau bahkan sebulan?“.

Kemudian saya mengumpulkan data-data yang saya dapat  rekan-rekan dan dari saya saya sendiri yang menuliskanya di atas buku arsip. Ternyata saya menemukan angka yang sangat wah untuk ukuran sebuah event bulanan. Begini kalkulasinya,

dari 25 stand yang dimiliki, 17 diantaranya adalah stand penjual minuman dan sisanya  menjual sosis plus roti dan makanan-makanan lainnya. Masing- masing dari stand tersebut mampu menjual sekitar 2500 gelas minuman, secangkir  minuman seharga 3 euro dengan volume cup 200 ml.

Besarnya omset dalam sehari adalah 17 stand * 2500 cup * 3 euro =  127.500 euro per hari.

Kalau diterjemahkan kedalam sebuah stand, berarti stand tersebut mampu memperoleh penghasilan sebagai berikut : 2500 cup * 3 euro = 7500 euro perhari.

Sedangkan sisa 8 stand yang lain yang digunakan untuk menjual berbagai makanan dan pernak pernik tentu menghasilkan sedemikan banyak juga walaupun saya yakin tidak sebanyak pendapatan dalam menjual minuman, saya tidak tahu pasti berapa jumlah omset mereka, karena saya tidak menemukan data-data tentang tersebut. Tetapi yang jelas dalam sekali pelaksanaan event ini  omset yang di hasilkan bisa mencapai 4,5 juta euro. Karena pelaksanaan event ini berlangsung selama 32 hari efektif.Asumsi saya diatas tidak termasuk ketika akhir pecan dan hari libur yang jumlah pengunjungnya bisa mencapai 1,5 kali lipat dari pengunjung pada hari kerja.

Muelheim ad Ruhr, 21.04.2011

Bayu Adam

2 thoughts on “Weihnachtsmarkt dan Jutaan Euro di Jerman

  1. Info yg menarik. Klo gitu mau deh kapan2 bukan stand disana…hehe… :p

    Btw Template blognya ganti nih? Bolehlah. Tp otak atik lagi dong, bay, biar makin keren and jadi betah ngeblog.🙂

Leave a Reply

