Arti 500 Euro..

Setelah mengetahui isu-isu yang berkembang tentang akan dihapuskannya Studengebühren (uang semester) di Propinsi Nord Rhein Westfalen hati jadi sedikit lega. Minimal bisa menghemat 500 Euro per semester dah hanya diwajibkan membayar Semester ticket untuk transportasi kita di dalam propinsi NRW. Peraturan ini menurut kabar angin yang beredar mulai berlaku Winter semester 2011. Jika dikonversikan 500 euro ke dalam bentuk lain dalam pemikiran saya saat ini, beginilah hasilnya..
1. Satu tiket pesawat Emirates PP Duesseldorf – Jakarta.

Mumpung sekarang lagi ada Special Offer dari Emirates, tiket ini bisa dipergunakan mulai 11 Agustus 2010 sampai 31 Agustus 2010 untuk keberangkatan. Berarti bisa pulang sekali 6 bulan jika tawaran ini di berlakukan tiap semester. Bisa juga berkumpul Lebaran bersama keluarga dan  gadis  tercinta pada tahun ini.

2. Tujuh Levis Jeans

Harga sebuah celana Levis Jeans di Ebay dan pusat perbelanjaan di Jerman sekitar 50-70 euro per helai. Dengan asumsi paling mahal kita bisa mendapatkan tujuh Jeans Levis yang berbeda, berarti dalam seminggu bisa dipakai Jeans yang berbeda tiap harinya. Mengingat harga celana Jeans yang bikin pusing kepala jika dikonversikan ke dalam Rupiah.

3. Backpacker di Eropa timur atau barat.

Dengan budget 500 Euro saya kira lebih dari cukup buat bepergian ke  beberapa negara dengan standar fasilitas mahasiswa. Seperti harga sewa yang dapat dilihat di Booking.com. Maunya  ke Paris atau ke Praha dulu, Stockholm juga sangat menarik untuk dikunjugi apalagi jika ke Norwegia menyaksikan pemandangan alam seperti Fjord.

4. Biaya makan satu semester

Rata-rata biaya makan perbulan di kota Essen berkisar 80 euro bagi mahasiswa seperti saya, tidak termasuk makan siang di Mensa (kantin kampus), karena sekali makan bisa mencapai 2,7 euro. Diasumsikan bahwa biaya makan perhari adalah 2 euro (karena sering masak dirumah atau bikin nasi goreng dengan telur ceplok atau dadar) dan sisanya sebesar 20 euro adalah buat snack dan makan doner Turki jika ngidam. Berarti dengan dibebaskannya uang kuliah satu semester maka “selamat”lah uang makan satu semester juga.

5. Makan nasi padang 500 kali.

Jika diasumsikan makan nasi Padang seharga 1 euro = Rp 12.000. Maka cuma bisa makan sebanyak 500 kali. Biasanya sudah termasuk teh goyang dan Dendeng batokok dengan harga segitu. Sayangnya di Essen belum ada Rumah Makan Padang. Mungkin hal ini bisa jadi masukan untuk membuka usaha..hehehe

mungkin yang lain bisa mengartikan sendiri seberapa besar uang 5oo euro bagi kalian.

3 thoughts on “Arti 500 Euro..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s